Mengetahui Nomor NPWP Secara ONLINE (Cara Cek NPWP Aktif / Tidak)

Jika anda bertanya bagaimana cara mengetahui nomor NPWP secara online, maka anda perlu membaca artikel ini lebih lanjut dengan seksama. Karena NPWP itu bersifat rahasia atau pribadi, jadi untuk cara cek NPWP aktif atau tidak, kita bisa langsung mendatangi kantor layanan pajak di kota tempat tinggal sekarang berada, namun jika mau pakai cara yang efisien, cek informasi kartu NPWP pribadi atau badan bisa lewat 4 cara disini.

Nah, bila anda berniat mengecek nomor NPWP karyawan / pribadi di kantor pajak, maka syarat dokumen hanya membawa E-KTP yang asli bukan fotocopy. Sedangkan untuk cek NPWP perusahaan / badan maka diwajibkan membawa surat pendirian perusahaan dan jika anda bukan pemilik usaha, maka wajib bawa surat kuasa dari perusahaan supaya petugas dikantor pajak bisa validasi atas NPWP.

4 Cara Cek NPWP Aktif atau Tidak

Untuk yang sekedar kepo NPWP nya sekarang masih aktif atau tidak, karena kemarin-kemarin baru membuat NPWP secara online, anda dapat mencoba alternatif 4 cara mengetahui kartu NPWP aktif berikut ini:

- Cek NPWP Aktif dari DJP Online

Direktorat Jendral Pajak online DJP online dipakai untuk melihat status NPWP. Caranya cukup dengan login menggunakan akun DJP online yang sebelumnya sudah anda lakukan pendaftaran di situs DJP online.
cara cek npwp aktif atau tidak
Untuk mengetahui status aktif NPWP dari DJP online, dapat melakukan laporan pajak. Dan kalau bisa, maka NPWP masih aktif, namun jika tidak bisa melakukan laporan pajak, artinya NPWP tidak aktif. Bila ingin mengaktifkan NPWP kembali, bisa langsung mendatangi kantor pelayanan pajak di kota anda dengan membawa persyaratan seperti E-KTP bagi yang jenis NPWP pribadi / karyawan dan untuk NPWP badan perusahaan membawa surat izin usaha.

- Mengetahui NPWP Pribadi lewat Sse3.pajak.go.id

Yang kedua, cara ini bisa anda pakai apabila sebelumnya wajib pajak sudah tahu nomor NPWP, tujuannya hanya untuk mencocokkan kartu NPWP dengan nama pemilik akan muncul saat kita masuk ke situs https://sse3.pajak.go.id/
cek npwp pribadi online
Selain itu cek NPWP aktif tidaknya, situs tersebut juga dapat buat registrasi E-Billing Pajak, wajib pajak bisa masuk ke situs tersebut dan mengecek nomor NPWP.

- Hubungi Nomor Kring Pajak 1500200

cek nomor npwp
Dengan ponsel yang dimiliki lewat nomor telepon kring pajak di nomor 1500200 (021-1500200), kita dapat cek NPWP pribadi setelah customer service layanan pajak menanyakan beberapa data terkait informasi kepemilikan NPWP.

- Cara Cek NPWP Aktif dari Pengaduan@pajak.go.id

Selain langsung mendatangi kantor pajak di kota anda untuk menanyakan nomor NPWP aktif tidaknya, bisa pakai layanan pengaduan pajak di alamat email pengaduan@pajak.go.id dengan cara memgirimkan pertanyaan seputar NPWP pribadi maupun badan.

Namun, kesabaran sangat di uji, jika menggunakan cara ini. Kenapa? karena sudah pasti pesan email dibalasnya agak lamaan. Karena juga bukan 1 atau 2 orang yang sama-sama memiliki pertanyaan seputar NPWP.

Demikian apa yang bisa saya share tentang cara cek NPWP aktif atau tidak lewat online dan nomor telepon kring pajak. Semoga dapat menjadi manfaat buat semua ya!

0 Response to "Mengetahui Nomor NPWP Secara ONLINE (Cara Cek NPWP Aktif / Tidak)"