2 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Melalui Gmail & FMM

Baru-baru ini banyak pengguna smartphone android yang ingin tahu cara melacak hp android yang hilang melalui Gmail. Tentunya itu bisa anda lakukan sebagai pemilik akun email yang sudah terkait di ponsel yang hilang. Asalkan kita tidak lupa dengan alamat email juga password Gmail sendiri.

Nah, jika anda mengalami kehilangan hp karena di curi ataupun terjatuh dijalan maka suatu hal yang manusiawi bila hp yang dimiliki tidak ada lagi digenggaman kitanya panik, resah, gelisah karena takut disalah gunakan oleh pencuri hp atau orang lain yang menemukan hape android kita. Ditambah, karena hp yang hilang itu punya kita satu-satunya, kalau sudah begitu pasti kita akan sedih.

Ups..? Tenang ya kawan, saya ada 2 cara menemukan hp android yang hilang entah karena di curi, terjatuh dijalan maupun anda hanya lupa menaruh hp tersebut di lokasi mana.

Cara pertama bisa anda gunakan untuk melacak hp android di semua merk, seperti android Samsung, Xiaomi, Asus, Sony, Oppo, Lenovo, Advan dan lain sebagainya. Pokoknya yang pakai Operating Sistem Android bisa sobat lacak keberadaan lokasi hp. Adapun cara yang ke-2 khusus bagi pemilik hp android Samsung karena menggunakan fitur bawaan dari Samsung yakni FMM (Find My Mobile).


2 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Melalui Gmail & FMM

Dari fitur bawaan hp android, kita bisa pakai yang namanya fitur ADM (Android Device Manager) untuk melacak lokasi smartphone, kunci hp, hapus data menggunakan email atau akun Gmail. Syaratnya sebagai berikut:

  • Hp yang hilang tidak dalam keadaan mati
  • Tersambung dengan jaringan internet
  • Akun Google atau Gmail Anda masih belum dihapus

Memang, cara ini terlihat gampang. Tapi dalam prakteknya pengguna masih saja kesulitan karena tak semudah yang dibayangkan. Setidaknya ada usaha dari anda untuk melacak posisi hp android yang hilang.

Dan siapa tahu lokasi hape tersebut tidak jauh dari tempat tinggal kita sekarang. Kan, lumayan tidak jadi membeli hp android baru lagi..!
cara melacak hp android yang hilang lewat internet

Perlu sobat ketahui, jikalau smartphone yang hilang itu bermerk Samsung selain bisa pakai fitur Android Device Manager juga bisa menggunakan fitur khusus Temukan Ponsel Saya dari Samsung. Tanpa panjang lebar lagi, langsung di simak saja langkah-langkah penggunaan dari ke-2 fitur canggih ini.

1. Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Email (Android Device Manager)

Pertama, sobat coba gunakan ADM buat menemukan keberadaan lokasi hape yang hilang:

  • Gunakan laptop atau hp teman anda, saudara maupun tetangga lalu masuk browser Chrome, Opera atau Firefox ketik atau langsung masuk ke Android Device Manager
  • Atau, jika anda pada halaman pertama pencarian Google dari Chrome atau Firefox, pilih Temukan Perangkat Saya Google
  • Jika sudah berada di halaman login akun Gmail, masukkan alamat email dan password akun Gmail yang digunakan pada hp android yang hilang
  • Maka halaman Google Maps akan menampilkan lokasi keberadaan hp
  • Sekarang anda bisa melakukan perintah hp dari jarak jauh, seperti Kunci Layar, Deringkan Ponsel dan terakhir jika perlu Hapus File di hp yang hilang lewat Google Maps tersebut

2. Cara Melacak HP Samsung Yang hilang pakai Find My Mobile

Khusus untuk lacak dan meremote hp yang hilang pada android Samsung. Sebenarnya tidak ada beda dengan melacak hp pakai Android Device Manager. Dan fitur khusus mobile tracker seperti ini pasti di punyai semua merk hp android.

Kalau di Samsung bernama Find My Mobile (Samsung Dive), di Xiaomi fitur tersebut namanya Find Divice Xiaomi.

Dan cara melacak hp samsung yang hilang ini bisa digunakan bila sebelumnya sobat sudah daftar akun Samsung. Nah, bila sudah merasa pernah aktifkan ID Samsung, ikuti langkah dibawah:

1. Masuk ke link web Find My Mobile Samsung
2. Sekarang sobat pilih yang opsi tombol Masuk
cara melacak hp samsung yang hilang
3. Masukkan alamat email Gmail Samsung dan kata sandinya sesuai dengan akun yang terpasang di Hp. Lalu ketuk tombol Masuk
cara melacak hp android yang hilang melalui gmail
4. Di halaman Persetujuan, centang 3 kolom menyetujui ketentuan dan persyaratan dan sudah itu ketuk SETUJU
cara melacak hp hilang lewat internet
5. Jika type atau seri Samsung yang hilang sobat sudah ditampilkan web FMM. Lanjut ke cara melacak hp android yang hilang ketuk tombol MENCARI
cara mencari hp samsung yang hilang
6. Beberapa detik akan muncul lokasi alamat Hp yang ditampilkan Google Maps. Dan untuk meremote Hp Samsung yang hilang pilih tombol seperti gambar dibawah ini
7. Maka akan muncul menu perintah Deringkan Perangkat Saya, Kunci Perangkat Saya, Hapus Perangkat Saya dan perintah LAINNYA. Ketuk salah satu menu tersebut sesuai situasi dan kondisi hp sobat berada
cara menemukan keberadaan hp android yang hilang di curi
Semoga tutorial cara melacak hp android yang hilang melalui Gmail dan Find My Mobile Samsung ini bisa menjadi manfaat bagi sobat semua. Dan sekali lagi, trik ini berhasil apabila situasi dan kondisi di lapangan sama seperti apa yang ada di isi artikel di atas. Seperti hp dalam keadaan hidup, tersambung internet dan akun email belum di hapus oleh orang lain dalam artian si penemu hp.

0 Response to "2 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Melalui Gmail & FMM"