Mengapa Cat Tembok Mengelupas? Simak 5 Cara Efisien Agar Tahan Lama


Mengapa cat tembok mengelupas? Pemilihan cat dinding memiliki peran penting dalam keindahan rumah. Dengan warna cat yang tepat, rumah akan terlihat lebih menarik dan nyaman. Namun, jika cat dinding tidak dirawat dengan baik, masalah seperti mengelupas bisa muncul. Banyak orang masih mengatasi masalah ini dengan cara langsung mengecat ulang, padahal ini tidak efisien dan hasilnya tidak tahan lama.

Mengapa Cat Tembok Mengelupas? Simak Cara Mengatasinya 

Mengecat ulang dinding yang mengelupas dengan cepat hanya akan membuatnya semakin cepat rusak. Untuk itu, perlu adanya cara yang tepat untuk mengatasi masalah cat dinding yang mengelupas seperti berikut:

1. Bersihkan Cat Lama

Jika ada cat tembok yang mengelupas, jangan langsung menambahkan cat baru. Bersihkan dulu cat lama yang mengelupas di dinding tersebut. Penyebab umum cat tembok mengelupas adalah adanya cat lama yang masih menempel. Jadi, pastikan dinding bersih dari cat lama dan kotoran sebelum mulai mengecat ulang.

Pastikan kalian menggunakan kualitas cat terbaik yang memiliki kualitas cat anti jamur yang akan memberikan kalian keuntungan dalam mengecat tembok kalian. 

2. Amplas cat dinding

Setelah langkah pertama dilakukan, dinding yang terkelupas kemungkinan masih terasa kasar. Agar permukaannya halus dan mudah dicat kembali, kita perlu mengamplasnya.

Pastikan menggunakan amplas yang tidak terlalu tebal agar tembok tidak rusak. Setelah di amplas, bersihkan dengan air agar sisa catnya larut. Setelah itu, bersabarlah beberapa hari hingga tembok betul-betul mengering.

3. Cari tahu penyebabnya

Periksa kondisi tembok untuk mengetahui penyebab kerusakan. Cari tahu apakah ada retak atau kebocoran yang membuat cat mudah mengelupas, kemudian lakukan perbaikan.

Pastikan permukaan tembok sudah rata agar mudah dicat. Jika terdapat bagian tembok yang bolong, tambal dengan sedikit semen putih yang cepat kering agar permukaan menjadi rata.

4. Gunakan paint remover

Mengapa cat tembok mengelupas? Untuk mengatasi cat mengelupas yang sulit dibersihkan, gunakanlah penghilang cat sebelum melakukan pengecatan ulang. Zat kimia dalam paint remover efektif untuk menghilangkan cat lama pada dinding. Gosokkan paint remover ke dinding dengan kuas dan pakailah sarung tangan karet untuk melindungi tanganmu dari zat kimia.

Baca juga: rekomendasi rumah bali minimalis 

5. Cat ulang dengan cat waterproof

Langkah selanjutnya dalam mengatasi cat dinding mengelupas adalah dengan mulai mengecat ulang. Sebelumnya, lakukanlah cat dasar berwarna putih dan biarkan kering. Setelah itu, baru cat dengan warna yang diinginkan.

Dalam mengecat, hindari langsung menggunakan warna yang diinginkan. Cat yang langsung menempel pada dinding dapat membuat hasilnya kurang bersih dan tidak sesuai. Menggunakan cat dasar juga penting untuk memastikan cat yang diinginkan dapat menempel dengan kuat dan tidak mudah mengelupas.

Selain itu, agar cat dinding tidak mengelupas lagi, pilihlah cat yang berkualitas tinggi dan tahan air. Pastikan dinding dalam keadaan bersih dan bebas debu agar cat dapat menempel dengan baik.

Baca juga: 7 Warna Cat Avitex Terbaru untuk Rumah Yang Cantik

Akhir Kata 

Ini dia 5 cara praktis untuk mengatasi masalah mengapa cat tembok mengelupas. Semoga tips ini membantu menjadikan rumahmu lebih nyaman. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar dekorasi ruangan kalian, seperti warna cat kamar tidur sempit yang akan kalian gunakan pada referensi kalian. 

Pastikan kalian menggunakan cara diatas untuk menghindari terjadinya tembok yang mengelupas dan berjamur. Namun kalian juga bisa menggunakan cat yang memiliki bahan anti jamur dan sebagainya. 


0 Response to "Mengapa Cat Tembok Mengelupas? Simak 5 Cara Efisien Agar Tahan Lama "